Indonesia Next Apps 4.0

2017-07-29 Indonesia Next Apps 4.0 Workshop

Kali ini aku tidak akan jalan jalan rekreasi alam, tapi akan mencoba menambah ilmu dengan join di acara Indonesia Next Apps 4.0. Indonesia Next App (INA) 4.0 adalah kompetisi nasional tahunan yang diselenggarakan oleh Samsung untuk meningkatkan inovasi dalam pemanfaatan teknologi melalui pembuatan aplikasi lokal. Tahun ini, INA 4.0 menantang pengembang lokal untuk membuat aplikasi menggunakan Samsung SDK, Gear VR, Tizen untuk smartphone, Tizen untuk wearable. Acara kali ini diselenggarkan di Malang dan bertempat di hotel Santika Premier

2017-07-29 Indonesia Next Apps 4.0 Workshop Sesi pagi acara INA dibuka oleh bapak Dolly dari sponsor utama yakni Samsung. Dimulai dari penjelasan acara INA ini yang sudah diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan jumlah developer aplikasi Tizen yang dapat mendukung ekosistem dari operating sistem Tizen itu sendiri.

2017-07-29 Indonesia Next Apps 4.0 Workshop

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari sponsor berikutnya yakni BRI. Dimana pada kesempatan ini dilakukan pemaparan jenis – jenis challenge dari BRI, antara lain :

  1. BRI Virtual Assistant for Digital Customer
  2. POS Mobile Apps yang terintegrasi dengan platform keuangan bagi debitur UMKM BRI
  3. Aplikasi antrian di banking hall bagi nasabah BRI
  4. BRI Smart parking (Integrasi layanan smart parking dengan e payment BRI)
  5. School BRI Report (aplikasi rapor murid dan pembayaran sekolah)

Seluruh challenge BRI bisa diselesaikan dengan menggunakan API dari BRI. Alamat untuk mengaksesnya adalah https://developer.bri.co.id/. API ini masih berupa sandbox sehingga masih gratis untuk mengaksesnya.

Berikutnya adalah penayangan video dari Jakarta Smart City. Seperti halnya BRI sebelumnya, Jakarta Smart City juga memberikan challenge challenge yang dapat diselesaikan oleh peserta INA. Challenge yang disediakan oleh Jakarta Smart City antara lain :

  1. Pemantauan CCTV
  2. Pemantauan Pasukan Kuning
  3. Pemantauan distribusi bibit

2017-07-29 Indonesia Next Apps 4.0 Workshop

Untuk pembicara berikutnya adalah Angkasa Pura 2. Sebagai perusahaan yang melayani bandara bagian barat Indonesia, mereka berencana untuk memaksimalkan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan terhadap para pengguna bandara tersebut dimana salah satu customer utamanya adalah penumpang pesawat yang mencapai 95 juta di tahun 2016.

2017-07-29 Indonesia Next Apps 4.0 Workshop

Pembicara berikutnya adalah satu satunya pembicara wanita di acara ini yakni dari perusahaan Sinar Mas Land. Penjelasan dari Sinar Mas Land diawali dengan proyek proyek dari Sinar Mas Land yang salah satu proyek terbesarnya adalah BSD City. Challenge dari Sinar Mas Land terkait dengan proyek BSD City ini, antara lain :

  1. BSD City Transportation App
  2. BSD City Sales Tools Kit App
  3. BSD City Community App

Namun berbeda dengan perusahaan perusahaan sebelumnya, Sinar Mas Land tidak menyediakan API secara langsung namun akan menampung dulu ide dari peserta baru kemudian akan dikembangkan API dengan menggunakan data sebenarnya.

2017-07-29 Indonesia Next Apps 4.0 Workshop

Pembicara terakhir dari sponsor adalah IBM. IBM memberikan perkenalan teknologi terbarunya saat ini yakni IBM Bluemix yang dapat berjalan sebagai Platform as Service untuk mengembangkan aplikasi di cloud. Jika diakses melalui alamat website resminya maka pendaftar baru akan mendapatkan service ini free trial 30 hari namun ada alamat website lain yakni ibm.com/cloud-computing/bluemix/standar-account yang dapat memberikan layanan gratis tanpa batas waktu walau mungkin masih ada batasan lain yang tidak dijelaskan pada saat seminar.

2017-07-29 Indonesia Next Apps 4.0 Workshop

Setelah dari pihak industri, saatnya acara diisi dengan kisah sukses salah seorang peserta INA sebelumnya. Peserta ini mengawali pengembangan aplikasi mobile di Nokia Asha. Setelah cukup sukses dan mendapatkan uang cukup banyak dari aplikasinya, aplikasinya dengan sangat terpaksa tidak lagi menghasilkan setelah Nokia dibeli oleh Microsoft sehingga pasar aplikasi Nokia resmi meninggal. Kemudian dia beralih ke pengembangan aplikasi di android namun ternyata tidak terlalu menghasilkan karena banyaknya aplikasi di pasar aplikasi android sehingga tidak mudah untuk menembusnya. Akhirnya dia beralih ke aplikasi Tizen dan meraup keuntungan cukup besar dengan mengikuti Tizen App Challenge $10.000.

2017-07-29 Indonesia Next Apps 4.0 Workshop

Sesi pagi hari berakhir dan dilanjutkan sesi siang hari dimana lebih banyak ke arah perkenalan teknologi. Kelas untuk sesi siang dibagi menjadi dua yakni Fundamental dan Knowledge. Untuk kelas fundamental kebanyakan diberikan penjelasan singkat dan perkenalan awal sedangkan untuk kelas knowledge sudah mengarah ke latihan pengembangan dan sedikit coding singkat. Untuk kedua kelas tersebut memiliki 5 sesi dengan tema materi yang sama yakni :

  1. Samsung SDK
  2. Samsung DEX
  3. Samsung Gear VR
  4. Tizen App
  5. Tizen Wearable

Akhirnya acara seminar INA pun berakhir pada pukul setengah 4 sore. Dan pada penutupan acara kembali diingatkan kepada para peserta untuk mengirimkan aplikasi buatannya agar dapat mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Samsung ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s